Karas

Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa: Mengenal Gamelan Pusaka Milik Keraton Surakarta

Di Museum Radya Pustaka Surakarta terdapat naskah yang berisi tentang data inventaris seluruh gamelan pusaka milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Naskah tersebut berjudul “Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa”. Naskah ini disalin dari nDalêm Pakuningratan pada tahun Jé 1830 atau 1900 Masehi oleh Radèn Tumênggung Harung Binang atas perintah dari Susuhunan Pakubuwana X.

Kamis, 29 Februari 2024

252 Kali

0 Kali

7 Menit

Naskah-naskah Nusantara memuat hal-hal penting. Khususon di Jawa, terdapat beragam teks yang termuat di dalam naskah. Antara lain cerita sejarah atau dikenal babad, ada yang memuat tentang ajaran-ajaran atau disebut piwulang, ada pula yang menceritakan tentang pewayangan, juga tentang peraturan perundang-undangan atau anggêr-anggêr. Selain itu, tidak sedikit pula naskah yang dimiliki keraton yang dianggap sakral atau pusaka. Maka diperlukan pendataan supaya mengurangi risiko buruk yang terjadi pada benda pusaka tersebut.

Di Museum Radya Pustaka Surakarta terdapat naskah yang berisi tentang data inventaris seluruh gamelan pusaka milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Naskah tersebut berjudul “Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa”. Naskah ini disalin dari nDalêm Pakuningratan pada tahun Jé 1830 atau 1900 Masehi oleh Radèn Tumênggung Harung Binang atas perintah dari Susuhunan Pakubuwana X Surakarta melalui surat perintah berikut.

“Ingkang kakarsakakȇn amariksani saha nindakakȇn sadaya kawajibanipun abdi dalȇm Niyaga Kasȇpuhan saha Non-anonipun, anyantuni buku saking Pakuningratan ingkang minangka pasrahanipun Kagungan Dalȇm gangsa sapirantosipun, saha ing mangke ing Gȇdhong Gangsa Sitinggil, ing Gȇdhong Gangsa salȇbȇting Karaton sami kaparingan buku nyatunggal.” (Sumber: Teks SKDG hal. 1)

(Terjemahan: Dikehendaki untuk memeriksa dan melaksanakan semua kewajibanabdi dalem Niyaga Kasepuhan dan Anon-anon yaitu menyalin buku dari Pakuningratan yang merupakan penjagaan gamelan seperangkat milik Karaton, dan nanti di gedung gamelan Sitinggil, di gedung gamelan dalam Karaton masing-masing diberikan buku tersebut.)

Ruang Penyimpanan Gamelan Pusaka

Di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memiliki banyak bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu bangunan keraton memiliki fungsi untuk menyimpan gamelan-gamelan milik keraton. Ruang penyimpanan gamelan tersebut pun terdapat beberapa tempat. Ruang penyimpanan gamelan pertama berada di Balébang yang ada di kompleks Siti Hinggil Lor.

Balébang di kompleks Siti Hinggil. Sumber: Merbabu.com

Gamelan yang disimpan di Balebang kompleks Sitinggil adalah gamelan Pakurmatan. Gamelan Pakurmatan dimainkan untuk mengiringi Hajad Dalêm atau upacara adat Keraton. Gamelan Pakurmatan terdiri dari:

  1. 1. Gamelan Monggang adalah gamelan yang hanya dimainkan dalam upacara kenegaraan yang penting seperti Jumênêngan Dalêm atau upacara penobatan Raja, menyambut tamu yang sangat terhormat di keraton, pernikahan agung keraton, dan upacara Grêbêg.
  2. 2. Gamelan Sêkati adalah gamelan yang khusus dimainkan pada perayaan Sêkatèn pada bulan Mulud atau bulan Maulid.
  3. 3. Gamelan Kodhok Ngorèk adalah gamelan yang biasa dimainkan bersama Gamelan Monggang, seperti pada JumênênganDalêm dan Grêbêg.

Ruang penyimpanan gamelan yang kedua berada di dalam komplek Kêdhaton. Gamelan-gamelan pusaka yang berada di dalam Kêdhaton tersebut sebagian besar disimpan di Langên Katong. Namun terdapat juga gamelan pusaka yang berada di luar Langên Katong karena gamelan tersebut digunakan untuk upacara tertentu, seperti gamelan Kyai Kaduk Manis beserta Kyai Manis Rengga yang berada di Bangsal Paningrat, dan gamelan Kyai Sêmar Ngigêl beserta Kyai Lokananta yang berada di  Sasana Handrawina. Gamelan yang digunakan untuk acara harian atau bukan pusaka tersebut disimpan di Gêdhong Gangsa, berada di samping loket museum keraton.

Langen Katong yang berada di kompleks Kedhaton. Sumber: INFOBIMO

Gamelan yang disimpan di dalam keraton merupakan gamelan agêng, gamelan klênèngan, gamelan pringgitan dan gamelan carabalèn. Gamelan agêng berbeda dengan gamelan klênèngan, gamelan agêng dimainkan sebagai pengiring pergelaran seni budaya keraton atau upacara adat keraton. Gamelan agêng memiliki instrumen lebih lengkap dibandingkan gamelan klênèngan. Gamelan klênèngan adalah gamelan yang dikhususkan untuk melantunkan gêndhing-gêndhing Jawa yang gunanya sebagai hiburan. Gamelan pringgitan adalah gamelan yang dikhususkan untuk pertunjukkan wayang kulit. Gamelan carabalèn pada masa lalu berfungsi antara lain untuk menyambut kedatangan tamu Karaton, mengiringi latihan baris-berbaris prajurit, dan Grêbêg.

Ruang penyimpanan gamelan yang terakhir berada di nDalêm Agêng Prabasuyasa di dalam komplek Kêdhaton. nDalêm Agêng Prabasuyasa merupakan bangunan inti keraton yang berfungsi untuk menyimpan pusaka-pusaka inti keraton, salah satunya juga terdapat gamelan. Namun yang disimpan bukan seperangkat gamelan, melainkan rebab, kendang dan gong yang dianggap pusaka sakral keraton.

nDalêm Agêng Prabasuyasa yang berada. Sumber: Merbabu.com

Nama-nama Gamelan Pusaka

Dalam teks naskah Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa menyebutkan beberapa perangkat gamelan pusaka yang disimpan di Balébang kompleks Siti Hinggil Lor. Sebagian besar perangkat gamelan pusaka yang disimpan di Balébang merupakan gamelan Pakurmatan yang meliputi:

  1. 1. Kyai Sêkatèn Agêng atau bernama Sêkatèn Kyai Guntur Madu.
  2. 2. Kyai Sêkatèn Alit atau bernama Sêkatèn Kyai Guntur Sari.
  3. 3. Monggang Kyai Udan Arum.
  4. 4. Kyai Monggang Patalon, atau bernama Kyai Sêtu atau Kyai Singa Krura.
  5. 5. Kyai Kodhok Ngorèk Kasêpuhan atau bernama Kyai Jati Ngarang.
  6. 6. Kyai Kodhok Ngorèk Kadipatèn atau bernama Kyai Banjir.
  7. 7. Gamelan Klênèngan pelog slendro dari Kusumadilagan (kediaman KGPH. Kusumadilaga, Putra-Dalêm Susuhunan Pakubuwana IX)

Tercatat dalam teks naskah Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa bahwa gamelan pusaka milik keraton yang disimpan di dalam kompleks Kêdhaton sangatlah banyak. Berikut data nama-nama perangkat gamelan pusaka yang tersimpan dalam Kêdhaton:

  1. 1. Kyai Kancil Bêlik
  2. 2. Kyai Guntur Madu
  3. 3. Kyai Udan Arum
  4. 4. Kyai Udan Asih
  5. 5. Kyai Kuthawindu
  6. 6. Kyai Windusana
  7. 7. Kyai Sêmar Ngigêl
  8. 8. Kyai Lokananta
  9. 9. Kyai Pêngasih
  10. 10. Kyai Rarasati
  11. 11. Kyai Harjawinangun
  12. 12. Kyai Mangunharja
  13. 13. Kyai Kaduk Manis
  14. 14. Kyai Manis Rêngga
  15. 15. Kyai Senggani Raras pelog slendro
  16. 16. Kyai Déwa Katong
  17. 17. Kyai Jimat
  18. 18. Pringgitan untuk harian
  19. 19. Pringgitan dari Natakusuman (kediaman GPH. Natakusuma, Putra-Dalêm Susuhunan Pakubuwana IX)
  20. 20. Pringgitan dari Sansêni
  21. 21. Pringgitan dari Klaten
  22. 22. Carabalèn Kyai Sêpêt Madu
  23. 23. Carabalèn Kyai Madu Pinasthika
  24. 24. Kyai Jungut dari Wangga (Klaten)
  25. 25. Klênèngan Kadipatèn pelog slendro dari Pakuningratan
  26. 26. Carabalèn slendro

Gamelan yang disimpan di nDalêm Agêng Prabasuyasa yaitu rebab, gong, dan kendang. Nama ricikan gamelan pusaka yang disimpan di nDalêm Agêng Prabasuyasa sebagai berikut:

  1. 1. Rêbab Kangjêng Kyai Gratang
  2. 2. Rêbab Kangjêng Kyai Udan
  3. 3. Rêbab Kangjeng Kyai Jayadirja
  4. 4. Rêbab Kangjeng Kyai Lipur
  5. 5. Rêbab Kangjeng Kyai Sembada
  6. 6. Rêbab Kangjeng Kyai Paripeksa
  7. 7. Rêbab Kangjeng Kyai Mangunsih
  8. 8. Rêbab Kangjeng Kyai Tombaneng
  9. 9. Rêbab Kangjeng Kyai Rangu
  10. 10. Rêbab Kangjeng Kyai Udan Asih
  11. 11. Rêbab Kangjeng Kyai Kaduk Manis
  12. 12. Rêbab Kangjeng Kyai Manis Rengga
  13. 13. Rêbab Kangjeng Kyai Harjawinangun
  14. 14. Rêbab Kangjeng Kyai Mangunharja
  15. 15. Rêbab Kangjeng Kyai Sembadra

Dalam naskah Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa juga memuat data gamelan milik keraton yang berada di Pasanggrahan Langênharja yang sebelumnya dituliskan pada halaman 60. Di Pasanggrahan Langênharja terdapat satu perangkat gamelan berlaras slendro pelog yang bernama Kyai Sênggani Waja. Kegunaan gamelan tersebut adalah untuk menghibur bahkan sebagai sarana bermeditasi Sang Raja ketika sedang berada di Pasanggrahan Langênharja. Namun, saat ini gamelan tersebut sudah dipulangkan ke keraton.

Jumlah keseluruhan gamelan pusaka milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang tercatat pada naskah ini adalah 34 perangkat gamelan (9 perangkat Gamelan Pakurmatan, 17 perangkat Gamelan Agêng, 4 perangkat Gamelan Klênèngan, dan 4 perangkat Gamelan Pringgitan).[]

Referensi

Fajar, Muhamad Ilham. 2021. “Sêrat Sadaya Kagungan-Dalêm Gangsa (Suatu Kajian Filologis dan Isi)”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Bimo K.A. Kompleks Bangunan Keraton Surakarta. <http://infobimo.blogspot.com/2012/07/kompleks-bangunan-keraton-surakarta.html>.

Merbabu Community. Kompleks Siti Hinggil Lor. <http://www.merbabu.com/keraton/keraton_surakarta_hadiningrat4.php>.

Merbabu Community. Kompleks Kedaton. <http://www.merbabu.com/keraton/keraton_surakarta_hadiningrat7.php>.



Muhammad Ilham Fajar

Filolog Muda di Kawedanan Widyabudaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat

m.ilhamf99@gmail.com

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

Daksinargastuti, Menyenandungkan Kembali Syair-syair Kuno Yogyakarta

Daksinargastuti merupakan kegiatan Komunitas Jangkah Nusantara yang meliputi pemetaan, preservasi naskah kuno, bengkel sastra-aksara dan macapat, serta alih aksara manuskrip.
Lihat Rekaman Baca Pengantar
poster diskusi